Definisi Ilmu Ekonomi Islam Menurut Para Ahli


Umer Chapra dalam bukunya yang berjudul Future of Economics: An Islamic Perspective menguraikan beberapa definisi ekonomi oleh beberapa pakar ekonom Islam :
  1. S.M Hasanuzzaman : "ilmu ekonomi Islam adalah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencairan dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat".
  2. M.A Mannan : "ilmu ekonomi Islam adalah suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang yang memiliki nilai-nilai Islam".
  3. Khursid Ahmad : "ilmu ekonomi Islam adalah suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahannya tersebut dari sudut pandang Islam".
  4. M.N. Siddiqi : "ilmu ekonomi Islam adalah respon para pemikir muslim terhadap tantangan-tantangan ekonomi zaman mereka. Dalam upaya ini mereka dibantu oleh Al Quran dan As Sunnah maupun akal dan pengalaman".
  5. M. Akram Khan : "ilmu ekonomi Islam bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atau dasar kerjasama dan partisipasi".
  6. S.N. Haider Naqvi : "ilmu ekonomi Islam merupakan representasi dari perilaku muslim dalam suatu masyarakat muslim".
  7. Louis Cantori : "ilmu ekonomi Islam tidak lain merupakan upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik".
Jadi ilmu ekonomi Islam adalah Ilmu yang mempelajari proses manusia dalam pemenuhan kebutuhannya yang berpedoman pada prinsip-prinsip Islam. 

Referensi : Ali Sakti, Analisis Teoritis EKONOMI ISLAM Jawaban Atas Kekacauan Ekonomi Modern

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon