Pelatihan Akuntansi Asuransi Syariah di FEBI UIN Banten


GUSTANI.ID - Alhamdulillah meski masih dalam masa Pandemi Covid-19, Allah berikan kembali kesempatan untuk berbagi dan sharing tentang Akuntansi Syariah. Kali ini adalah Pelatihan Akuntansi Asuransi Syariah yang diadakan oleh Jurusan Asuransi Syariah FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pelatihan Akuntansi Asuransi Syariah dilaksanakan selama 3 hari pada hari Jum'at s/d Minggu, tanggal 21 s/d 23 Agustus 2020 di Hotel Inayah Syariah, Serang. 

Instruktur utama dalam pelatihan ini adalah saya sendiri, Gustani, SEI.,M.Ak.,SAS dan dibantu oleh sahabat saya Ahmad Baehaqi, SEI.,M.Ak.,SAS dosen STEI SEBI, Depok. Diikuti oleh 45 Mahasiswa tingkat akhir Jurusan Asuransi Syariah FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Acara pelatihan ini langsung dibuka dan ditutup oleh Dekan FEBI yaitu Ibu Dr. Hj. Nihayatul Maskuroh, M.Si, dan diketuai oleh ketua jurusan Asuransi Syariah, Bapak Rustamunadi. Acara dilaksanakan dari jam 08.00 pagi sampai jam 22.00 malam selama tiga hari. 

Foto bersama Ibu Dekan FEBI UIN Banten

Tujuan Pelatihan Akuntansi Asuransi Syariah  adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa terkait perlakuan akuntansi transaksi asuransi syariah sesuai PSAK 108 dan penyusunan laporan keuangan asuransi syariah berdasarkan PSAK 101, serta pemahaman akad - akad syariah pada asuransi syariah berdasarkan Fatwa DSN-MUI. 

Materi yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Konsep Dasar Asuransi Syariah : Perkembangan dan operasional
  2. Implementasi Akada Syariah pada Asuransi Syariah
  3. Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
  4. Penyajian Laporan Keuangan Asuransi Syariah
  5. Akuntansi Dana Peserta
  6. Akuntansi Dana Pengelola
  7. Analisis Laporan Keuangan Asuransi Syariah
  8. Studi Kasus : Penyusunan Laporan Keuangan Asuransi Syariah.
Pada hari terakhir pelaksanaan pelatihan akuntansi asuransi syariah diberikan ujian praktek akuntansi asuransi syariah, dimulai dari penjurnalan sampai penyusunan laporan keuangan secara manual dan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis excel. Peserta yang mengikuti pelatihan ini mendapat sertifikat pelatihan dan uji kompetensi akuntansi asuransi syariah dari LKP Amanah Learning Center. 


Jenis Laporan Keuangan Asuransi Syariah

Berdasarkan PSAK 101 Penyajian Laporan Keuangan Syariah, bahwa  laporan keuangan asuransi syariah terdiri dari 8 jenis yaitu:
  1. Laporan Posisi Keuangan
  2. Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Perubahan Ekuitas
  5. Laporan Surplus Defisit Dana Tabarru'
  6. Laporan Sumber dan Penyaluran Dana Zakat
  7. Laporan Sumber dan Penggunaan Dana Kebajikan
  8. Catatan Atas Laporan Keuangan
Ciri khas dari perusahaan asuransi syariah adalah pemisahan dana peserta dengan dana anggota yang tercermin dari Laporan Surplus Defisit Dana Tabarru'. Dana Tabaarru' adalah dana yang dihimpun dari kontribusi peserta menggunakan akad hibah yang bertujuan untuk ta'awun antar sesama peserta asuransi.







Foto bersama Panitia dan Dekan FEBI UIN Banten

Foto bersama para peserta

Foto bersama peserta

Pelatihan Akuntansi Syariah untuk Mahasiswa 

Kebutuhan SDM yang memahami Akuntansi Syariah semakin tinggi seiring semakin bertumbuh dan menggeliatnya entitas bisnis dan keuangan syariah di tanah air. Kami membuka kerjasama pelatihan akuntansi syariah untuk Mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja di Industri Bisnis dan Keuangan Syariah. Materi pelatihan diantaranya adalah :
  1. Akuntansi Transaksi Syariah
  2. Akuntansi Bank Syariah
  3. Akuntansi Koperasi Syariah
  4. Akuntansi Asuransi Syariah
  5. Akuntansi Lembaga Zakat 
  6. Akuntansi Entitas Wakaf
Rujukan yang dijadikan acuan adalah SAK Syariah, Fatwa DSN-MUI, dan Regulasi terkait dengan entitas syariah. Instruktur utama Pelatihan Akunatnsi Syariah ini adalah Gustani, SEI.,M.Ak.,SAS yang telah lulus Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS) dari IAI dan mendapat gelas Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS). 


Kontak kerjasama : 082357909050


Penulis : Gustani, SEI.,M.Ak.,SAS

Portopolio Menjadi Trainer Akuntansi Syariah 

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon