Pelatihan Akuntansi Asuransi Syariah untuk Mahasiswa UIN Banten

GUSTANI.ID - Perusahaan Asuransi Syariah adalah salah satu jenis lembaga keuangan syariah yang masuk dalam sektor IKNB Syariah. Data OJK per Desember 2020 menunjukan market share keuangan syariah di Indonesia sebesar 9,89% dengan nilai aset mencapai Rp 1.802,86 triliun. Sedangkan market share IKNB Syariah sebesar 4,43%, dari jumlah tersebut Aset Perusahaan Asuransi Syariah berkontribusi sebesar Rp 44,44 triliun. 

Tercatat jumlah perusahaan asuransi syariah yang full syariah mencapai 13 perusahaan dan yang berstatus unit syariah dari konvensional mencapai 47 perusahaan yang mencakup Asuransi Jiwa Syariah, Asuransi Umum Syariah, dan Reasuransi Syariah.

Dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki keahlian di bidang Asuransi Syariah, khususnya keahlian bidang Akuntansi Asuransi Syariah, pada tanggal 3 Juni 2021 Jurusan Asuransi Syariah FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan "Pelatihan Keahlian Akuntansi Asuransi Syariah" untuk mahasiswa tingkat akhir. Agenda ini di ikuti oleh 77 Mahasiswa yang diselenggarakan secara tatap muka di Aula Sjadzli Hasan Lantai 2 UIN Banten. 


Saya berkesempatan menjadi narasumber tunggal dalam agenda pelatihan akuntansi asuransi syariah ini selama satu hari full dari jam 08.00 sampai dengan 16.00. Muatan materi yang disampaikan mencakup :

  1. Prinsip dasar Asuransi Syariah
  2. Operasional Asuransi Syariah
  3. Aspek syariah Asuransi Syariah
  4. Penyajian Laporan Keuangan Asuransi Syariah
  5. Akuntansi Dana Peserta 
  6. Akuntansi Dana Pengelola
  7. Analisis Rasio Laporan Keuangan Asuransi Syariah
Dari pelatihan ini diharapkan mahasiswa memahami pelaporan keuangan perusahaan Asuransi Syariah berdasarkan SAK Syariah. Selain itu juga mahasiswa dapat menjadikan laporan keuangan perusahaan Asuransi Syariah sebagai data sekunder untuk penyelesaian Skripsi.




Bagi kampus yang ingin bekerjasama dalam pelaksanaan pelatihan akuntansi syariah dapat menghubungi saya DISINI

Dokumentasi :


Foto bersama Dekan FEBI dan Kajur Asuransi Syariah UIN Banten







Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon