Pelatihan dan Uji Kompetensi Akuntansi Syariah untuk Mahasiswa IAIN Pontianak

Akuntansi syariah merupakan salah satu kompetensi yang sangat dibutuhkan saat ini, seiring dengan perkembangan bisnis dan keuangan syariah yang semakin pesat. Kompetensi akuntan syariah haruslah mencakup kemampuan dibidang akuntansi secara umum dan keilmuan syariah yang berdasarkan pada fatwa - fatwa ekonomi syariah. 

Kampus sebagai salah satu lembaga yang bertugas untuk mencetak SDM - SDM unggul dituntut untuk bisa mendesain kurikulum pendidikan agar selaras dengan perkembangan pasar. Salah satu nya melalui uji kompetensi akuntansi syariah. Yang outputnya adalah mahasiswa memperoleh sertifikat kompetensi di bidang akuntansi syariah, sebagai sertifikat pendamping ijazah.

Alhamdulillah pada tanggal 19 - 21 Agustus 2019 saya berkesempatan untuk menjadi pemateri sekaligus penguji kompetensi akuntansi syariah untuk mahasiswa tingkat akhir program studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Pontianak, Kal - Bar. Pelatihan diikuti oleh 62 mahasiswa yang dilaksanakan di lab komputer kampus IAIN Pontianak.

Pelatihan dan uji kompetensi nya berbasis komputer menggunakan aplikasi akuntansi excel yang didesain untuk Akuntansi Koperasi Syariah. Pelatihannya dilaksanakan selama dua hari dengan cakupan materi akuntansi aset, liabilitas, dana syirkah temporer, ekuitas, pendapatan dan beban pada koperasi syariah. Di hari terakhir, mahasiswa diuji dengan mengerjakan soal transaksi koperasi syariah dengan aplikasi akuntansi excel.

Agenda ini dilaksanakan oleh prodi Akuntansi Syariah, FEBI, IAIN Pontianak yang digawangi oleh dosen - dosen yang keren :) kaprodi Ibu Ferdianti, sekprodi Ibu Aulia, sahabat saya Pak Sabirin, dan dosen lainya Ibu Monica, Ibu Pratiwi, dan Pak Musa. Bekerjasama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan "Amanah Learning Center" sebagai lembaga penguji dan yang mengeluarkan sertifikat. 

Berikut ini beberapa foto kegiatan selama tiga hari di IAIN Pontianak.





Suasana saat pelatihan


Foto bersama diakhir pelatihan



Bersama dosen prodi Akuntansi Syariah IAIN Pontianak


UNTUK KERJASAMA PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI AKUNTANSI SYARIAH
HUBUNGI
 

082357909050 

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon