Download Aplikasi ATLAS : Untuk Bahan Kuliah Auditing

Aplikasi ATLAS
Beranda ATLAS

13 Februari 2020 - ATLAS atau singkatan dari Audit Tool and Linked Archive System adalah aplikasi berbasis microsoft excel yang berguna untuk membantu auditor dalam menjalankan prosedur audit sesuai Standar Audit serta mendokumentasikan hasilnya sebagai dasar dalam pemberian opini. Aplikasi ATLAS disusun oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Sekretariat Jenderal KemnKeu dan IAPI. Tahap pertama pengembangan ATLAS telah dimulai sejak tahun 2017 untuk tahap perencanaan audit. Pada tahun 2018 ini kami telah menyelesaikan sampai dengan tahap pelaporan, sehingga seluruh tahapan audit telah terintegrasi. 

Selain sebagai bahan untuk Auditor untuk audit laporan keuangan, ATLAS juga bisa dijadikan bahan perkuliahan para Akademisi, untuk mata kuliah Lab Auditing. Mengenalkan kepada mahasiswa praktik Audit Laporan Keuangan. Perdana Tahun Akademik sekarang, ATLAS akan saya gunakan sebagai bahan ajar satu semester mata kuliah Lab Auditing semester 6 di STEI Al - Ishlah Cirebon. 

Berikut ini aplikasi ATLAS beserta penduan penggunaan Aplikasi ATLAS dan bahan-bahan pelatihan ATLAS yang diadakan oleh AUDITOR INDONESIA. Seluruh bahan ini saya peroleh dari web AUDITOR INDONESIA.

DOWNLOAD BAHAN ATLAS DIBAWAH INI






CONTOH TEMPLATE DRAFT AUDIT


Draft audit pada umumnya terdiri dari Cover, Daftar Isi, Surat Pernyataan Direksi (SPD), Opini Audit, dan Laporan Keuangan. Laporan Keuangan audited yang di publis terdiri dari draft audit full. Ada beberapa perusahaan yang menyajikan laporan keuangan hanya dalam bahasa Indonesia seperti PT Pertamina (PERSERO) dan ada juga yang menyajikan dalam dua bahasa Indonesia dan Inggris seperti PT Timah Tbk . Perusahaan yang listing di bursa efek pada umumnya menyajikan laporan keuangan dalam dua bahasa. 

Sebagai bahan pembelajaran, berikut ini adalah contoh sederhana template draft audit dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Silah didownload !

DOWNLOAD TEMPALTE DRAFT AUDIT 
(SPD - OPINI - LAPORAN KEUANGAN)


2 komentar:

  1. Semangat terus pak untuk menebar kebaikannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap,,, terimakasih sdh mampir dn komen di blog saya, smoga bermanfaat

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon