8 Keutamaan Shalawat Kepada Rasulullah



GUSTANI.ID - Salah satu amalan yang ringan dan mudah untuk dilakukan, namun berpahala besar di sisi Allah SWT adalah shalawat kepada Rasulullah SAW. Jika dilakukan secara berkesinambungan, amalan bershalawat akan menghadirkan kecintaan dari Allah SWT. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan bershalawat kepada baginda Rasulullah SAW.

1. Melaksanakan Perintah Allah Ta'ala


إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا [الأحزاب:56]
 Allah Ta'ala berfirman, " Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat pada Nabi, wahai orang-orang beriman bersholawat dan salam lah pada Nabi" (Al Ahzab 56)

2. Bukti Iman dan Cinta  Rasul SAW


" لا يؤمن أحدكم، حتى أكون أحب إليه من ولده ووالده والناس أجمعين". رواه أحمد والبخاري ومسلم والترمذي والنسائي وابن ماجة عن أنس رضي الله عنه٠

Nabi SAW bersabda, " Tidak beriman diantara kalian sampai aku yang paling dicintai melebihi anak, orang tua dan semua manusia" (HR  Ahmad, Bukhari dan Muslim)

3. Di Balas Allah 10 Kali Shalawat (Rahmat)


مَنْ صلَّى عليَّ صلاَةً، صلَّى اللَّه علَيّهِ بِهَا عشْرًا رواهُ مسلم.

"Siapa yang shalawat padaku sekali, maka Allah membalas shalawatnya pada nya sepuluh kali" ( HR Muslim)

4. Shalawat Di Tampilkan Pada Rasul SAW


 إنَّ مِن أَفْضلِ أيَّامِكُمْ يَوْمَ الجُمُعةِ، فَأَكْثِرُوا عليَّ مِنَ الصلاةِ فِيهِ، فإنَّ صَلاتَكُمْ معْرُوضَةٌ علَيَّ فقالوا: يَا رسول اللَّه، وكَيْفَ تُعرضُ صلاتُنَا عليْكَ وقدْ أرَمْتَ؟ قال: يقولُ: بَلِيتَ، قالَ: إنَّ اللَّه حَرم عَلَى الأرْضِ أجْساد الأنْبِياءِ. رواهُ أَبُو داود بإسنادٍ صحيحِ.

Sesungguhnya hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat padaku di hari Jumat. Karena shalawat kalian akan ditampilkan pada ku. Sahabat bertanya, " Ya  Rasulullah bagaimana shalawat kami akan ditampilkan padahal engkau sudah lapuk. Rasul menjawab, " Sesungguhnya Allah mengharamkan atas bumi jasad para nabi" ( HR Abu Dawud dg sanad Hasan)

5. Syarat Dikabulnya Doa


( إِنَّ الدُّعَاءَ مَوْقُوفٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ ، لا يَصْعَدُ مِنْهُ شَيْءٌ حَتَّى تُصَلِّيَ عَلَى نَبِيِّكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ) .

Sesungguhnya doa tertangguh antara langit dan bumi, tidak naik sampai dibacakan sholawat atas nabi Saw" (HR At- Tirmidzi)

6. Orang Yang Kedudukannya Paling Dekat dengan Rasul SAW


أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً رواه الترمذي وقال: حديثٌ حسنٌ.

"Sesungguhnya manusia yang paling utama denganku di hari Kiamat, yang paling banyak Sholawat nya" (HR At-Tirmidzi)

7. Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat.


" من صلى علي صلاة واحدة، صلى الله عليه عشر صلوات وحط عنه عشر خطيئات ورفع له عشر درجات”. رواه أحمد والنسائي والحاكم عن أنس رضي الله عنه٠

"Siapa yang bersholawat pada Nabi saw sekali, Allah memberi sepuluh  rahmat, menghapus sepuluh kesalahan dan mengangkat sepuluh derajat" (HR Ahmad, An-Nasa'i dan Al-Hakim)


8. Mendapat Syafaat dari Rasulullah

Dalam hadits lain dari Ibnu Mas’ud , bahwasannya Rasulullah bersabda :
أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat adalah, yang paling banyak shalawat kepadaku” [HR Tirmidzi, no.484].


Semoga kita termasuk umatnya yang mampu meraih keutamaan-keutamaan dari bershalawat, shallu 'alanabi !

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon