Stakeholder Bank Syariah

Menurut Setiawan (2009) dalam struktur tata kelola perbankan syariah akan melibatkan lebih banyak pihak dari pada perbankan konvensional, karena perbankan syariah memiliki karakteristik khas yang tidak dimiliki perbankan konvensional.
Beragamnya stakeholder bank syariah merupakan karakter khas dari bank syariah itu sendiri. Hal ini menuntut pengaturan yang jelas tentang batasan hak, kewenagan, dan kewajiban dari setiap unsur tersebut untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan serta menjamin keadilan untuk masing-masing pihak. Islam sangat menekankan perlindungan semua stakeholder dengan adil. Dalam konsep Islam sangat memprioritaskan pada realisasi keadilan dan kewajaran. Dengan ini diharapkan seluruh kepentingan stakeholder dapat terakomodasi dengan adil dan wajar (Setiawan, 2009). Adapun kepentingan dan harapan dari seluruh stakeholder bank syariah dapat diidentifikasi sebagai berikut.

Kepentingan dan Harapan Stakeholder Bank Syariah
No
Stakeholder
Kepentingan dan Harapan
1
Manajemen
-        Profitabilitas, likuiditas, dan kualitas aset yang baik
-          Gaji, tunjangan, dan fasilitas yang baik.
2
Pegawai
-          Gaji dan tunjangan yang baik
-          Fasilitas peningkatan kompetensi SDM
-          Penghargaan atas inovasi dan krestifitas
3
Pemegang Saham
-   Profitabilitas, likuiditas, dan kualitas aset yang baik
-       Deviden yang baik dan peningkatan harga saham
4
Pemegang Investasi Mudharabah
-          Bagi hasil (profit sharing) yang tinggi
-          Investasi yang aman
5
Pemegang Giro Wadiah
-          Fasilitas jasa bank yang baik
-          Bonus yang memadai
6
Pemerintah
-        Kontribusi pada pembangunan ekonomi nasional
-          Kontribusi pembayaran pajak
7
Masyarakat
-   Kontribusi kepada masyarakat dalam bentuk zakat perusahaan, pembiayaan qard, dan peran edukasi publik
-       Kontribusi dalam pembangunan ekonomi berupa dorongan pertumbuhan dunia usaha dan realisasi investasi
-  Kontribusi dalam redistribusi pembangunan ekonomi.
Sumber: dikembangkan oleh Setiawan (2009) dari Chapra & Ahmad (2002), Ilyas (2004), dan Fatima & Pramono (2007)

* Diambil dari Skripsi saya yang berjudul Analisis Tingkat Pengungkapan Kinerja Sosial Bank Syariah Berdasarkan Islamic Social Reporting Index (Indeks ISR)

3 komentar:

  1. Bang minta emailnya mau konsultasi masalah skripsi yg abang ambil
    terimakasih

    BalasHapus
  2. gustani.faez@gmail.com
    pin 7FAF3676
    082357909050

    BalasHapus
  3. stakeholders pada badan usaha seperti apa ya mas???

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon