Karakteristik Bank Syariah


Bank Syariah memiliki karakteristik khas yang membedanya dengan lembaga keuangan konvensional. Karakteristik bank syariah adalah:
1.             Menghindari MAGHRIB.
Dalam UU No 21 tahun 2008 dijelaskan bahwa bank syariah dalam melaksanakan kegiatannya harus menghindari MAGHRIB, yaitu Maysir, Gharar, Riba, dan Bathil.
2.             Paradigma Transaksi Syariah.
Dalam KDPPLKS dijelaskan bahwa dalam melaksanakan transaksi syariah, hendaknya mempergunakan transaksi sebagai berikut:
a.      Transaksi syariah berdasarkan pada paradigma dasar bahwa alam semesta dicipta oleh Tuhan sebagai amanah dan sarana kebahagiaan hidup bagi seluruh umat manusia untuk mencapai kesejahteraan hakiki secara material dan spiritual.
b.      Paradigma dasar ini menekankan setiap aktivitas umat manusia memiliki akuntabilitas dan nilai illahiah yang menempatkan perangkat syariah dan akhlak sebagai parameter baik dan buruk, bener dan salahnya aktivitas usaha. Paradigma ini akan membentuk integritas yang membantu terbentuknya karakter tata kelola yang baik (good gavernance) dan disiplin pasar (market discipline) yang baik.
c.     Syariah merupakan ketentuan hukum Islam yang mengatur aktivitas umat manusia yang berisi perintah dan larangan, baik yang menyangkut hubungan interaksi vertikal dengan Tuhan maupun interaksi horisontal dengan sesama makhluk. Prinsip syariah yang berlaku umum dalam kegiatan muamalah (transaksi syariah) mengikat secara hukum bagi semua pelaku dan stakeholder entitas yang melakukan transaksi syariah. Akhlak merupakan norma dan etika yang berisi nilai-nilai moral dalam interaksi sesama makhluk agar hubungan tersebut menjadi saling menguntungkan, sinergi dan harmonisasi.
3.             Asas Transaksi Syariah.
Asas-asas transaksi syariah yang harus dipenuhi oleh bank Syariah dalam menjalankan kegiatan usahanya adalah sebagai berikut:
a.            Persaudaraan (ukhuwah)
b.           Keadilan (‘adalah)
c.            Kemashlahatan (mashlahah)
d.           Keseimbangan (tawazun); dan
e.            Universalisme (syumuliyah).
4.        Karakteristik Transaksi Syariah.
Transaksi atau kegiatan usaha yang dilakukan bank syariah harus memenuhi karakteristik syariah sebagai berikut:
1.           Implementasi transaksi yang sesuai dengan paradigma dan asas transaksi syariah harus memnuhi karakteristik transaksi syariah sebagai berikut:
a.       Transaksi hanya dilakukan berdasarkan perinsip saling paham dan saling ridho;
b.      Perisip kebebasan bertansaksi diakui seanjang objeknya halal dan baik (thayib);
c.      Uang hanya berfungsi sebagai alat tukar dan satuan pengukur nilai, bukan sebagai komoditas;
d.      Tidak mengandung unsur riba; khezaliman; masyir; gharar; haram;
e.     Tidak menganut perinsip nilai waktu dari uang (time value is money) karena keuntunganyang didapat dalam kegiatan usaha tekait dengan risiko yang melekat pada kegiatan usaha tersebut sesuai dengan perinsip al-ghunmu bil ghurmi (no gain without accompanying risk);
f.   Transaksi dilakukan berdasarkan suatu perjanjian yang jelas dan benar serta untuk keuntungan semua pihak tanpa merugikan pihak lain sehinggaa tidak diperkenankan menggunakan dua transaksi bersama yang berkaitan (ta’alluq) dalam satu akad;
g.   Tidak ada distorsi harga melalui rekayasa permintaan (najasy), maupun melalui rekayasa penawaran  (ihtikar); dan
h.      Tidak mengandung unsur kolusi dengan suap menyuap (risywah).
2.    Transaksi syariah dapat berupa aktivitas bisnis yang bersiifat komersial dilakukan antara lain berupa: investasi untu mendapatkan bagihasi; jual beli barang untuk mendapatkan laba; dan atau pembeerian laanan jasa untuk mendapat imbalan.
3.    Transaksi syariah nonkomersial dilakukan antara lain berupa; pemberian dana pinjaman atau talangan (qardh); penghimpunan dana penyaluran dana sosial seperti zakat, infak, sedekah, wakaf dan hibah.

* Diambil dari Skripsi saya yang berjudul Analisis Tingkat Pengungkapan Kinerja Sosial Bank Syariah Berdasarkan Islamic Social Reporting Index (Indeks ISR)

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon