Integreted Reporting : Definisi dan Apa Manfaatnya Bagi Perusahaan ?




GUSTANI.ID - Integreted Reporting didefinisikan sebagai suatu komunikasi yang komprehensif dan terintegritasi tentang bagaimana strategi, tata kelola, kinerja dan prospek suatu organisasi menghasilkan penciptaan nilai dari waktu ke waktu (jangka pendek, menengah, dan panjang)

Integreted Reporting akan membantu entitas memahami secara holistik tentang strategi dan rencana mereka, tentang pengambilan keputusan, serta mengelola risiko dan peluang untuk membangun kepercayaan stakeholders. Melalui pemahaman yang lebih baik terhadap penciptaan nilai dari organisasi akan tercipta komunikasi yang lebih baik dengan stakeholders.

Manfaat Integreted Reporting bagi Perusahaan

  1. Alokasi sumber daya akan menjadi lebih efektif
  2. Pelaporan selaras dengan model bisnis modern
  3. Investor dapat memahami prospek organisasi dengan lebih baik sehingga mampu mengelola risiko investasi, memvalidasi keputusan serta menilai informasi tentang masa depan sebuah entitas
  4. Sistem alokasi modal menjadi lebih selaras dengan tujuan bisnis dalam jangka panjang
  5. Membangun kepercayaan masyarakat
Berikut ini contoh perusahaan yang sudah menerbitkan Integreted Reporting di Indonesia yang dipublikasi oleh PT BFI Finance Indonesia Tbk. pada tahun 2018.

Informasi lebih lanjut mengenai kerangka IR dan informasi pendukungnya dapat ditelusuri melalui situs web https://integratedreporting.org 

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon