#TripMagelangSemarang : Menikmati View Semarang dari Ketinggian Menara Mesjid Agung Semarang dan Arsitektur Klasik Kota Lama

GUSTANI.ID - Alhamdulillah bisa liburan kembali dengan my little family. Kali ini kami mencoba trip ke arah Jawa Tengah, tujuan utamanya adalah Magelang dan Semarang. Ke Magelang dalam rangka silaturahmi ke sepupu saya dari Sambas, Kalimantan Barat yang sudah menetap disana ikut suaminya. Sedang ke Semarang tujuannya liburan alias rekreasi.

Trip kali ini kami agendakan 2 hari : Sabtu - Ahad tanggal 13 - 14 Maret 2021. Ini long trip perdana pakai kendaraan sendiri. Berangkat sabtu jam 08.30 pagi dari Cirebon, masuk Tol Plumbon. Full tol sampai keluar Tol Bawen jam 12 an, langsung menuju Magelang ke arah Jogyakarta. Sampai rumah sepupu saya di Kec. Grabag jam 14an. Ada niat pengen lanjut trip ke Brobudur, tapi karena sudah sore, niat itu kami urungkan dan akan direncanakan pada next trip lah.

Alhamdulillah selama perjalanan lancar, Adiba terlihat sangat happy and my wife pun terlihat enjoy menemani saya nyetir sambil nyuapin cemilan. Habis asar, sekitar jam 16.00 kami pamit dari Magelang, dirumah Kak Long Lemah, bercerita banyak hal tentang kondisi kampung di Sambas dan keluarga.

Silaturahmi ke Magelang

Menuju Semarang, ngejar sholat Maghrib berjamaah di Mesjid Agung Semarang. Alhamdulillah pas waktu Maghrib kami tiba. Subhanallah, mesjid sangat luas dan megah. Tak lupa foto-foto dipelataran halaman mesjid. Seusai solat maghrib, kami naik ke Menara Mesjid lantai 19 dengan biaya 20 ribu untuk saya, istri dan anak. Ini atas permintaan Adiba, yang sangat antusias sekali melihat menara yang menjulang tinggi.

Menikmati view pemandangan malam hari kota Semarang dan sekitarnya dari ketinggian membuat kami takjub dengan kebesaran ilahi. Waktunya santap malam, kami memilih cafe and resto di Menara Mesjid Agung Semarang juga dilantai 18. Suasanaya cukup romantis dan indah, menikmati santap malam dari ketinggian. Subhanallah.

Berpose dipelataran Mesjid Agung Semarang

Berpose dari ketinggian menara Mesjid Agung Semarang

Santap Malam di Lantai 18 Menara Mesjid Agung Semarang

Malam semakin larut, kami memutuskan untuk menginap di Hotel sekitaran kota lama dengan tujuan biar dekat dengan tempat wisata. Yes kami dapat Hotel yang cukup dekat dengan Kota Lama, yakni Hotel Hoorison. Sebelum cek in hotel kami menyempatkan keliling di Kota Lama, cukup ramai.

Ahad pagi di hotel, renang lalu breakfast. Jam 10an kami jalan kaki dari Hotel keliling - keliling lagi Kota Lama. Area kota lama cukup luas dengan arsitektur bangunan tua yang kini sebagian dimanfaatkan untuk cafe dan resto.

Hasil jempretan Adiba di sudut Kota Lama

Jam 12 cek out dari hotel. Makan siang di Nasi Goreng Babak Pak Karmin Mberok yang legendaris itu,,haha. Beli babat 1 porsi dan 2 porsi nasi dibungkus, kami meluncur ke Klenteng Sam Poo Kong, karna penasaran sama panglima ceng hoo yang katanya Muslim itu dan mau lihat Masjid Ceng hoo disekitran Klenteng, eh ternyata ga ada, yang ada cuma patung Ceng hoo yang tinggi itu.

Jam 14an kami pun menyudahi wisata di Semarang dan menuju pulang ke Cirebon. Alhamdulillah sampai rumah magrib.

Itulah sedikit cerita liburan kami trip ke Magelang dan Semarang. Semoga next time diberikan kesempatan dan kelancaran rezeki untuk liburan lagi bersama keluarga. Alhamdulillah.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !