Ikatlah Ilmu dengan Ngeblog : Motivasi Blogging

GUSTANI.ID - Manusia itu sifat dasarnya suka salah dan lupa, seperti kata pepatah arab : "Al Insaan mahalul Khatha’ wan Nisyaan" – "Manusia tempatnya salah dan lupa". Apalagi urusan ilmu, kita sering banget lupanya, saat di majelis ilmu atau di kelas kita ingat pas diluar udah lupa lagi.

Makanya kita disunnahkan untuk mengikat ilmu dengan tulisan agar ilmu yang sudah kita serap dapat kita ingat kembali saat kita lupa dengan membuka tulisan-tulisan yang sudah kita buat. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr dan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قيِّدُوا العِلمَ بالكِتابِ

“Jagalah ilmu dengan menulis.” (Shahih Al-Jami’, no.4434)

Imam Asy-Sya’bi pernah berkata, 

“Apabila engkau mendengar sesuatu, maka tulislah sekali pun di tembok.”

Imam Syafi’i rahimahullah juga pernah bertutur,

الْعِلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ * قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الْوَاثِقَهْ

فَمِنَ الْحَمَاقَةِ أَنْ تَصِيْدَ غَزَالَةً وَتَتْرُكَهَا بَيْنَ الْخَلاَئِقِ طَالِقَهْ

Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang. Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja. (Diwan Asy-Syafi’i).

Selain diikat, ilmu juga mestinya diajarkan kepada orang lain, sehingga ilmu yang diperoleh menjadi ilmu yang bermanfaat. Karena ilmu yang bermanfaat akan mengalirkan pahala kepada mereka yang mengajarkannya.

Media mengikat ilmu terus berkembang dari waktu ke waktu. Dulu mungkin orang mengikat ilmu masih dengan cara konvensional yaitu dengan menulisnya di buku catatan. Zaman Now, media yang bisa digunakan untuk mengikat ilmu semakin berkembang dan beragam, apa lagi dimasa pandemi COVID-19 ini. Ilmu bisa diikat melalui berbagai media online, misal media sosial FB, IG, Twitter, bahkan TikTok. Atau yang lagi ngeHit sekarang yaitu dengan melalui channel Youtube, orang berbondong-bondong jadi Youtuber.

Ikatlah Ilmu dengan "Ngeblog"

Tapi ada satu media online lainnya yang menurut saya masih cukup efektif untuk mengikat ilmu sekaligus berbagi ilmu ke khalayak umum yaktu NGEBLOG yaitu memposting tulisan pada kanal Blog. Kenapa menurut saya Blog masih sangat efektif dalam berbagi ilmu ? Alasannya simpel karena orang zaman now ini sedikit sedikit lari ke MBAH GUGEL. sedangkan blog itu terindeks mesin gugel. Tak bisa dipungkiri orang saat ini sangat tergantung ke Google untuk mencari tahu suatu hal, termasuk dalam keilmuan. 

Oleh karena itu BLOG bisa jadi salah satu media bagi kita untuk mengikat serta berbagi ilmu kepada banyak orang. 

Media blog terpopuler bisa menggunakan BLOGGER ini google punya, atau WORDPRESS. Kedua-duanya menyediakan fasilitas ngeblog secara GRATIS. Kitas bisa membuat Blog pribadi secara gratis untuk memposting banyak hal sesuai dengan hobi kita. 

Saya pribadi mulai mengenal Blog saat awal kuliah tahun 2009, lalu mulai aktif membuat postingan di tahun 2010. Mengawali dari blog gratisan di blogger dengan alamat url www.gustani.blogspot.com. Apa yang saya posting ? Ya seputar materi kuliah S1 saya dan aktivitas keorganisasian saya di kampus. Postingan pertama pada Juli 2010 tentang Aktivitas Ramadhan 2020 saya saat mudik ke kampung halaman pada tahun 2010, isinya juga cuma foto-foto..hehe. Selain itu saya juga memposting beberapa artikel tentang ekonomi syariah yang kebanyakan adalah copy paste dari sumber lain. Meski tidak rutin setiap hari posting di blog, tapi setiap ada hal-hal baru saya mencoba untuk memposting di blog, tujuan awal saya hanya untuk mendokumentasikan moment atau ilmu yang pernah saya dapat. 

Alhamdulillah hingga kini Blog saya ini masih aktif, tahun 2020 lalu saya berganti domain dari blogspot.com ke .id menjadi www.gustani.id. 

Motivasi "Ngeblog"

Ada beberapa motivasi kenapa saya masih aktif mengelola blog pribadi saya ini :

1. Mengikat Ilmu

Sesuai yang saya jelaskan diatas, awal motivasi saya bikin blog adalah untuk mengikat ilmu yang pernah saya dapat di bangku kuliahan baik S1 atau S2 dari para dosen. Saya rasa trik ini cukup efektif, karena sewaktu-waktu saya memerlukan materi yang pernah saya pelajari untuk keperluan saya mengajar atau memberikan pelatihan, saya cukup memanggilnya di blog saya.

2. Berbagi Ilmu

Ngeblog juga salah satu cara efektif untuk menebar kebaikan. Tulisan yang kita posting bisa jadi juga dibutuhkan oleh orang lain. Ada kepuasan tersendiri jika postingan yang dibuat mendapat respon baik dari para pembaca. Alhamdulullah blog saya per harinya dikunjungi oleh lebih dari 3.000 pengunjung. Manfaatnya sangat tanpa batas tempat, orang dari berbagai tempat dapat mengakses kebaikan yang kita posting.

3. Membagun Portofolio Diri

Blog juga bisa jadi sarana kita untuk membangun portofolio diri kita. Hal ini juga yang saya lakukan di blog pribadi saya ini. Saya memposting sebagian aktivitas akdemisi dan praktisi saya dibidang akuntansi dan keuangan syariah di Blog seperti portofolio karya tulis dan aktivitas pelatihan yang saya sebagai narasumber. Alhamdulillah ini sangat membantu orang-orang bisa mengenal saya, bahkan banyak yang meminta saya jadi narasumber atau konsultan keuangan dari membaca portopolio saya di blog.

4. Promosi 

Sebagai seorang yang konsen dibidang akuntansi dan keuangan syariah, saya juga menjadikan blog sebagai sarana promosi jasa yang saya berikan teruma jasa konsultan akuntansi dan keuangan syariah. Alhamdulillah beberapa klien saya ngontak karena lihat blog saya. 

Dan masih banyak hal lain yang membuat saya merasa BAHAGIA berbagi di Blog,,,:) 

Bagi anda yang mahasiswa saya sangat menyarankan untuk coba membangun portofolio diri dari sekarang melalui Blog, motivasinya adalah untuk BELAJAR dan BERBAGI, buka ADS,,, sekalilagi bukan ADS.... 

#YukNgeblog

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon