Bapak Perbankan Syariah Modern

Kesuksesan perbankan syariah global saat ini tidak terlepas dari peran pemikir pertama yang mengkonsep lahirnya perbankan syariah modern. Tahukah anda siapa orang pertama yang mengkonsep lahirnya bank syariah di dunia ?

Adalah Dr. Ahmad El-Naggar sebagai orang pertama yang mencetus kehadiran bank syariah di dunia dengan mendirikan Mit Ghamr Savings Bank di Mesir pada tahun 1963, sebuah bank lokal dengan sistem bagi-hasil. Pendirian Mit Ghamr Savings Bank terinspirasi dari sebuah bank lokal di Jerman Barat, saat El-Naggar menyelesaikan Ph.D disana. Nama Mit Ghamr diambil dari nama daerah di Mesir. Bank ini dapat beroperasi selama 4 tahun hinngga 1967 untuk kemudian ditutup yang disebabkan hukum dan politik.
Keberhasilan berdirinya Mit Ghamr Savings Bank menginspirasi berdirinya bank syariah di berbagai negara dengan mayoritas penduduk muslim. Tahun 1971 berdiri Nasir social Bank, tahun 1974 berdiri Islamic Development Bank (IDB), tahun 1975 berdiri Dubai Islamic Bank, Kuwait Finance House tahun 1977, dan Bahrain Islamic Bank tahun 1979. Hingga kini bank syariah semangkin berkembang pesat dan hampir terdapat diseluruh negara bahkan di negara dengan mayoritas non-muslim seperti Inggris, Jerman,dan Swiss.

Atas jasa besar Dr. Ahmad El-Naggar yang mempelopori hadirnya bank syariah modern di dunia, tahun 2010 Bank Negara Malaysia dan Otoritas Jasa Keuangan Malaysia di bawah naungan Pusat Keuangan Syariah Internasional Malaysia (MIFC) memberikan penghargaan khusus dalam ajang The Royal Award kepada Dr. Ahmad El-Naggar sebagai anumerta (posthumous honourable mention) - the father of modern islamic banking, sebagai Bapak Perbankan Syariah Modern.


Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon