Bank Aceh Syariah

Alhamdulillah dalam waktu dekat perbankan syariah akan kedatangan pemain baru menjadi 13 BUS. Bank aceh akan dikonversi menjadi Bank Aceh Syariah, saat ini sedang dalam proses perizinan di OJK. Jika ini benar-benar terealisasi, ini terobosan dahsyat dan spektakuler. 

Kenapa ?


  1. Bank Aceh Syariah akan jadi bank syariah pertama yang dikonversi dari bank konvensional. Umumnya proses lahirnya bank syariah melalui spin-off UUS.
  2. Bank Aceh Syariah akan jadi bank syariah kedua yang bukan anak bank konvensional setelah Bank Muamalat Indonesia.
  3. Bank Aceh Syariah akan menjadikan provinsi Aceh sebagai provinsi ke-2 yang punya bank syariah setelah provinsi Jawa Barat dengan BJB Syariah, tapi BJB Syariah masih anak perusahaan BJB.
  4.  Bank Aceh menguasai lebih dari 60% pangsa pasar perbankan di Aceh, jika dikonversi menjadi Bank Aceh Syariah maka Aceh adalah satu-satunya provinsi dengan pangsa pasar bank syariah mayoritas mengalahkan pangsa pasar konvensional.
  5. Bank Aceh Syariah lahir dari keinginan yang kuat masyarakat aceh untuk menerapkan syariat Islam dalam ekonomi dan Bank Aceh Syariah merupakan amanat Qanun Aceh.
  6. Konversi Bank Aceh akan menambah pangsa pasar bank syariah secara nasional dan sekaligus akan mengurangi pangsa pasar bank konvensional. Aset Bank Aceh per Juni 2016 berada dikisaran Rp 20 T, dengan tambahan aset sejumlah ini diperkirakan pangsa pasar bank syariah akan tembus 5%.
  7. Bank Aceh Syariah akan jadi model dan perintis bagi daerah lain yang ingin melakukan konversi BPD menjadi bank syariah. Diketahui BPD NTB juga akan mengikuti langkah Aceh.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon