Yuk Sempurnakan dengan Enam Hari di Bulan Syawwal !

Ramadhan tahun ini telah berlalu, semoga Allah kembali memberikan kesempatan kepada kita tuk bersua dengannya di tahun depan. Kini kita telah memasuki Syawwal, di bulan ini Allah berikan keistimewaan tersendiri bagi kita. Keistimewaan itu adalah Puasa Sunnah enam hari.

Ya, salah satu bentuk "TAKWA" dari bulan Ramadhan yang telah kita lalui adalah dengan menyempurnakannya dengan puasa sunnah enam hari di bulan syawwal. 

Abu Ayyub Al Anshari r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan lalu dilanjutkan dengan enam hari di bulan syawwal, maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun" (H.R Jamaah, kecuali Bukhari dan Nasa'i)

Puasa enam hari di bulan syawwal ini hanya Allah peruntukkan bagi mereka yang telah melakukan puasa Ramadhan. Para ulama mengatakan : "satu kebajikan diberi pahala 10 kali lipat, maka sebulan Ramadhan menjadi sepuluh bulan, dan enam hari Syawwal menjadi dua bulan".

Imam Ahmad berpendapat bahwa puasa sunah di bulan Syawwal bisa dilakukan secara berurutan dan bisa tidak berurutan. Sama saja. Para ulama mazhab Hanafi dan para ulama mazhab Syafi'i berpendapat bahwa yang lebih utama adalah dilakukan berurutan dimulai hari kedua setelah hari Raya.

Wallahu A'lam.

Referensi : Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq


Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon