Peluang dan Sistem Tatakelola Industri Keuangan Syariah di Indonesia

GUSTANI.ID - Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia punya ambisi untuk menjadi yang terdepan dalam hal pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Hal ini tergambar dalam dokumen Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019 - 2024 yang dikeluarkan oleh KNEKS tahun 2019, dimana tercanang Visi : "Indonesia Mandiri, Makmur, dan Madani dengan Menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka di Dunia". Strategi utama yang dicanangkan untuk menuju visi tersebut ada 4 yaitu :

  1. Penguatan Halal Value Chain
  2. Penguatan Keuangan Syariah
  3. Penguatan UMKM
  4. Penguatan Ekonomi Digital




Penguatan Keuangan Syariah tergambar dari Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia, dimana lanskap keuangan syariah di Indonesia dibagi kedalam 4 sektor utama yaitu :
  1. Sektor Perbankan
  2. Sektor Non-Perbankan
  3. Sektor Pasar Uang dan Pasar Modal
  4. Sektor Dana Sosial Keagamaan



Lanskap keuangan syariah menggambarkan tatakelola keuangan syariah di Indonesia, mulai dari 4 sektor industri keuangan, diluar kotak indusri tersebut adalah para regulator yang berwenang terhadap industri. Dimana terdapat 13 lembaga yang berwenang mengatur industri keuangan syariah di Indonesia.

Hari Rabu tanggal 18 November 2020 saya berkesempatan untuk sharing via daring dengan Mahasiswa dalam event Insurance Festival Championship (IFEN) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Asuransi Syariah UIN Banten. Diskusinya bertemakan "Peluang dan Sistem Tata Kelola Industri Syariah". Saya menjadi pemateri bersama Pak Erwin Noekman, ST,MBA.,AAAIK.QIP,AMII.,ACII.,AIIS (Direktur AASI).

Asuransi syariah masuk kedalam sektor industri non-perbankan. Asuransi syariah di Indonesia terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Hingga Maret 2020 jumlah perusahaan asuransi syariah mencapai 63 perusahaan, yang terdiri dari 13 full syariah dan 53 UUS dengan jumlah aset mencapai Rp41,1 triliun. 


Latest

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon