Daftar Lengkap 66 Jenis Akad Syariah

GUSTANI.ID - Akad merupakan kesepakatan tertulis antara dua pihak yang memuat hak dan kewajiban yang menimbilkan hukum. Akad menjadi salah satu hal yang mendasar dalam transaksi ekonomi. Perbedaan antara transaksi pada lembaga keuangan konvensional dan syariah terletak pada akad. Akad berbeda pun akan melahirkan hukum yang berbeda. 

Saya sedang memberikan materi Teori Akad Syariah ke Calon Karyawan BMT


Contoh, akad kredit pada bank konvensional adalah pinjaman (qardh), sehingga dilarang adanya tambahan, sedang akad pembiayaan pada bank syariah adalah jual-beli murabahah, sehingga dibolehkan untuk mengambil keuntungan.

Saya pribadi memandang teori akad merupakan materi pokok yang mesti dipahami oleh penggiat ekonomi syariah dan pembisnis. Mengingat seluruh aktivitas ekonomi kita tidak terlepas dari akad. Pemahaman akad akan menghindarkan kita dari hal-hal yang terlarang dalam transaksi.

Dalam teori akad Syariah dikenal begitu banyak jenis akad pada transaksi ekonomi, baik yang bersifat bisnis maupun non bisnis. Jenis akad tersebut dibagi kedalam empat rumpun utama yaitu :

  1. Rumpun Akad Jual-Beli (Bai'), yang terdiri dari 21 jenis akad.
  2. Rumpun Akad Sewa - Menyewa (Ijarah) terdiri dari 10 akad
  3. Rumpun Akad Kerjasama (Syirkah) terdiri dari 13 akad
  4. Rumpun Akad Kebajikan (Tabarru') terdiri terdiri 22 jenis akad

Berikut ini adalah 66 jenis akad syariah yang coba saya himpun dari berbagai referensi, seperti Fatwa DSN-MUI, Regulasi, dan Buku Fikih Muamalah Maliyah karya Prof Jaih Mubarok. Sebagian akad sudah diterapkan pada produk-produk keuangan syariah di Indonesia. Mungkin masih banyak jenis akad lainnya yang belum masuk kedalam daftar ini, mengingat kajian kajian akad dalam fikih muamalah sangat luas. Wallahua'lam.


NO JENIS AKAD DEFINISI
A RUMPUN AKAD JUAL - BELI
1 Bai' / Jual - Beli Akad Jual Beli adalah akad   antara penjual (al-Ba'l') dan pembeli (al-Musytari) yang mengakibatkan   berpindahnya kepemilikan obyek yang dipertukarkan (barang/mabi'/mutsman) dan   harga [tsaman)).
2 Bai' Al Musawamah (Tawar   Menawar) Bai' al-musawamah adalah jual   beli dengan harga yang disepakati melalui proses tawar-menawar dan ra'sul   mal-nya (harga perolehan ditambah biaya-biaya yang diperkenankan) tidak wajib   disampaikan oleh penjual kepada pembeli. Bai' almusawamafr sering disebut   dengan jual beli biasa (Bai' al-'adiyy)
3 Bai' Al Muzayadah (Lelang) Bai' al-muzayadah adalah jual   beli dengan harga paling tinggi yang penentuan harga (tsaman) tersebut   dilakukan melalui proses tawar menawar
4 Bai' Al Munaqashah (Tender) Bai' al-munaqashah adalah jual   beli dengan harga paling rendah yang penentuan harga (tsaman) tersebut   dilakukan melalui proses tawar menawar
5 Bai' Al Muaqayadhah Jual-beli barter antar barang   dengan barang
6 Bai' Muthlaqah Jual-beli pertukaran barang   dengan uang
7 Bai' Sharf Jual-beli pertukaran uang dengan   uang
8 Bai' Al Hal (Tunai) Al-Bai' al-hal - terkadang   disebut juga dengan al-bai' al-mu'ajjal/naqdan adalah jual beli yang   pembayaran harganya dilakukan secara tunai
9 Bai' Al Mu'ajjal (Tangguh) Al-Bai' al-mu'ajjal adalah jual   beli yang pembayaran harganya dilakukan secara tangguh.
10 Bai' bi Al Taqsith (Angsuran) Al-Bai' bi al-taqsith adalah   jual beli yang pembayaran harganya dilakukan secara angsur/bertahap.
11 Bai Al Amanah Bai' al-amanah adalah jual beli   yang ro'sul mal-nya wajib disampaikan oleh penjual kepada pembeli.
12 Bai' Tauliyah Transaksi antara penjual dan   pembeli atas barang, dimana penjual menjual barang tertentu kepada pembeli   sesuai dengan harga perolehan.
13 Bai' Al Wadhi'ah Transaksi antara penjual dan   pembeli , dimana penjual mengalami kerugian, yaitu penjual menjual barang   kepada pembeli dengan harga yang lebih rendah dibanding harga perolehan.
14 Bai' al-murabahah Bai' al-murabahah adalah jual   beli suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli   membayarnya dengan hargayang lebih sebagai laba.
15 Bai' Al Salam Bai' al-salam adalah jual beli   dalam bentuk pemesanan atas suatu barang dengan kriteria tertentu yang   harganya wajib dibayar tunai pada saat akad.
16 Bai' al-istishna' Bai' al-istishna' adalah jual   beli dalam bentuk pemesanan pembuatan suatu barang dengan kriteria tertentu   yang pembayaran harganya berdasarkan kesepakatan antara pemesan   (pembeli/mustashni') dan penjual (pembuat/shani')
17 Bai' Fudhuli Jual-beli atas barang yang   dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki kewenangan atau seseorang menjual   barang tertentu atas nama orang lain tanpa izin dari pemiliknya.
18 Bai’ al-wafa Bai’ al-wafa’/jual beli dengan   hak membeli kembali adalah jualbeli yang dilangsungkan dengan syarat bahwa   barang yang dijual tersebut dapat dibeli kembali oleh penjual apabila   tenggang waktu yang disepakati telah tiba
19 Bai' Juzaf (Borongan) Penjualan suatu barang tanpa   diketahui takarannya, timbangannya, dan bilangan atau jumlahnya, tetapi   diketahui dengan cara dikira-kira dan ditaksir setelah objeknya disaksikan   atau dilihat oleh penjual dan pembeli.
20 Bai' Inah Jual-beli tunai dengan syarat   pembeli harus menjual kembali barang kepada penjual dengan harga lebih tinggi   secara angsuran.
21 Ba' Tawarruq Jual-beli secara tangguh   kemudian pembeli menjual kembali kepada pihak lain secara tunai.
B RUMPUN AKAD SEWA - MENYEWA
22 Ijarah Ijarah adalah akad sewa antara   mu'jir dengan mustaTir atau antara musta'jir dengan ajir untuk mempertukarkan   manfa'ah dan ujrah, baik manfaat barang maupun jasa
23 Ijarah 'ala al a'yan Ijarah 'ala al-a'yan adalah akad   sewa atas manfaat barang.
24 Ijarah 'ala al-asykhash Ijarah 'ala al-asykhash/ijarah   'ala al-a'mal adalah akad sewa atas jasa/pekerjaan orang.
25 Ij'arah Muntahiyyah Bi altamlik   (IMBT) Ij'arah muntahiyyah bi altamlik   (IMBT) adalah akad ijarah atas manfaat barang yang disertai dengan janji   pemindahan hak milik atas barang sewa kepada penyewa, setelah selesai atau   diakhirinya akad ijarah.
26 Ijarah Maushufah Fi al-Dzimmah   (IMFD) Ijarah maushufah fi al-dzimmah   (IMFD) adalah akad ijarah atas manfaat suatu barang (manfaat 'ain) danlatau   jasa ('amal) yang pada saat akad hanya disebutkan sifat-sifat dan   spesifikasinya (kuantitas dan kualitas).
27 Ijarah Tasyghili,yah Ijarah tasyghili,yah adalah akad   ijarah atas manfaat barang yang tidak disertai dengan janji pemindahan hak   milik atas barang sewa kepada penyewa.
28 Al Bai' wal Isti'jar (Ijarah   Sale and Lease Back) Jual-beli suatu aset yang   kemudian pembeli menyewakan aset tersebut kepada penjual.
29 Ijarah Al Muwazi (Ulang   Sewa/Sewa Paralel) Perjanjian sewa atas suatu   barang dalam rangka disewakan lagi kepada pihak lain.
30 Ijarah Jasa Ijarah atas manfaat dari jasa
31 Ju’alah Ju’alah adalah janji atau   komitmen (iltizam) untuk memberikan imbalan (reward/’iwadh//ju’l) tertentu   atas pencapaian hasil (natijah) yang ditentukan dari suatu pekerjaan
C RUMPUN AKAD KERJA SAMA
32 Syirkah/Musyarakah Akad syirkah adalah akad kerja   sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu di mana setiap   pihak memberikan kontribusi dana/modal usaha (ra's al-mal) dengan ketentuan   bahwa keuntungan dibagi sesuai nisbah yang disepakati atau secara proporsional,   sedangkan kerugian ditanggung oleh para pihak secara proporsional. Syirkah   ini merupakan salah satu bentuk Syirkah amwal dan dikenal dengan nama syirkah   inan.
33 Syirkah amwal Syirkah amwal adalah syirkah   yang ra's al-mal-nya berupa harta kekayaan dalam bentuk uang atau barang.
34 Syirkah 'abdan/syirkah a'maL Syirkah 'abdan/syirkah a'mal   adalah syirkah yang ra's al-mal-nya bukan berupa harta kekayaan namun dalam   bentuk keahlian atau keterampilan usaha/kerja, termasuk komitmen untuk   menunaikan kewajiban syirkah kepada pihak lain berdasarkan kesepakatan atau   proporsional.
35 Syirknh wujuh Syirknh wujuh adalah syirkah   yang ra's al-mal-nya bukan berupa harta kekayaan (dliri-&) nu*un dalam   bentuk reputasi atau nama baik salah satu atau seluruh syarik, termasuk   komitmen untuk menunaikan kewajiban syirkah kepada pihak lain berdasarkan   kesepakatan atau proporsional
36 Syirkah da'imah atau syirkah   tsabitah Syirkah da'imah atau syirkah   tsabitah adalah syirkah yang kepemilikan porsi ra's al-mal setiap syarik   tidak mengalami perubahan sejak akad syirkah dimulai sampai dengan   berakhirnya akad syirkah, baik jangka waktunya dibatasi (syirkah mu'aqqatah)   maupun tidak dibatasi.
37 Musyarakoh mutanaqishah Musyarakoh mutanaqishah adalah   syirkah yang kepemilikan porsi ra's al-mal salah satu syarik berkurang   disebabkan pembelian secara bertahap oleh syarik lainnya
38 Mudharabah Akad mudharabqh adalah akad   kerja sama suatu usaha arrtara pemilik modal (malildshahib al-ma[) yang   menyediakan seluruh modal dengan pengelola ('amil/mudharib) dan keuntungan   usaha dibagi di antara mereka sesuai nisbah yang disepakati dalam akad
39 Mudharab ah-muqayyadah Mudharab ah-muqayyadah adalah   akad mudharabah yang dibatasi jenis usaha, jangka waktu (waktu), dan/atau   tempat usaha.
40 Mudharabah-muthlaqah Mudharabah-muthlaqah adalah akad   mudharabah yang tidak dibatasi jenis usaha, jangka waktu (waktu), dan/atau   tempat usaha.
41 Mudharabah-tsuna'iyah Mudharabah-tsuna'iyah adalah   akad mudhorabah yang dilakukan secara langsung antara shahib al-mal dan   mudharib.
42 Mudharabah-musytarakah Mudharabah-musytarakah adalah   akad mudharabah yang pengelolanya (mudharib) ikut menyertakan modalnya dalam   kerja sama usaha
43 Muzaraah Muzaraah adalah kerjasama antara   pemilik lahan dengan penggarap untuk memanfaatkan lahan.
44 Musaqah Musaqah adalah kerjasama antara   pihak-pihak dalam pemeliharaan tanaman dengan pembagian hasil antara pemilik   dengan pemelihara tanaman dengan nisbah yang disepakati oleh pihak-pihak yang   terikat.
D RUMPUN AKAD TABARRU'
45 Wadi'ah Wadi 'ah (titipan) adalah akad   titipan sesuatu yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain untuk dijaga   dan dikembalikan ketika diminta kembali;
46 Wakalah Akad wakalah adalah akad   pemberian kuasa dari muwakkil kepada wakil untuk melakukan perbuatan hukum   tertentu.
47 Wakalah bil Ujroh Akad wakalah bi al-ujrah adalah   akad wakalah yang disertai dengan imbalan berupa ujrah (.fee).
48 Wakalah bi al-Istitsmar Wakalah bi al-Istitsmar adalah   akad wakalah untuk menginvestasikan dan mengembangkan modal Muwakkil baik   dengan imbalan (Wakalah bi al-Ujrah) maupun tanpa imbalan (Wakalah bi ghairi   alUjrah).
49 Kafalah Kafalah adalah akad penjaminan   yang diberikan oleh penanggung (kafil) kepada pihak ketiga untuk memenuhi   kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung (makfuul ‘anhu, ashil)
50 Kafalah bil Ujroh Akad kafalah yang disertai   dengan imbalan berupa ujroh
51 Hawalah Hawalah adalah pengalihan utang   dari satu pihak ke pihak lain, terdiri atas hawalah muqayyadah dan hawalah   muthlaqah.
52 Hawalah muqayyadah Hawalah muqayyadah adalah   hawalah di mana muhil adalah orang yang berutang sekaligus berpiutang kepada   muhal ’alaih sebagaimana dimaksud dalam Fatwa No.12/DSN-MUI/IV/2000 tentang   Hawalah.
53 Hawalah muthlaqah Hawalah muthlaqah adalah hawalah   di mana muhil adalah orang yang berutang tetapi tidak berpiutang kepada muhal   ’alaih;
54 Hawalah bil ujrah Hawalah bil ujrah adalah hawalah   dengan pengenaan ujrah/fee
55 Rahn Rahn/gadai adalah penguasaan   barang milik peminjam oleh pemberi pinjaman sebagai jaminan
56 Rahn Tasjily Rahn Tasjily adalah jaminan   dalam bentuk barang atas utang tetapi barang jaminan tersebut (marhun) tetap   berada dalam penguasaan (pemanfaatan) Rahin dan bukti kepemilikannya   diserahkan kepada murtahin;
57 Qardh Qard adalah penyediaan dana atau   tagihan antara lembaga keuangan syariah dengan pihak peminjam yang mewajibkan   pihak peminjam untuk melakukan pembayaran secara tunai atau cicilan dalam   jangka waktu tertentu
58 Hibah Hibah adalah penyerahan   kepemilikan suatu barang kepada orang lain tanpa imbalan apa pun
59 Ariyah Pemindahan kepemilikan manfaat   (barang) tanpa imbalan
60 Zakat Zakat adalah harta yang wajib   dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang   berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam
61 Infak Infak adalah harta yang   dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan   umum.
62 Sedekah Sedekah adalah harta atau   nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk   kemaslahatan umum
63 Wakaf Wakaf adalah perbuatan hukum   wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya   untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan   kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah
64 Hadiah Hadiah (pemberian) adalah barang   yang diberikan atau dikirimkan kepada seseorang sebagai tanda penghormatan   kepadanya.
65 Wasiat Pesan mengenai pemindahan   kepemilikan harta yang efektif setelah pemberi pesan meninggal, baik berupa   benda maupun manfaat
66 Ibra' Mengalihkan piutang kepada pihak   yang wajib membayar dan/atau melunasinya
Latest

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon