Konsep Ekonomi Syariah Mulai Masuk Ke Rumah Sakit

Ekonomi Syariah yang dulunya identik dengan lembaga keuangan syariah seperti perbankan syariah, asuransi syariah, dan pasar modal syariah kini mulai merambah sektor bisnis lainnya. Dalam beberapa tahun kebelakang ada konsep pariwisata syariah dengan hadirnya hotel syariah, dan yang terbaru adalah konsep Rumah Sakit Syariah. Walau Rumah Sakit Islam sudah sejak lama berdiri, namun Rumah Sakit yang secara pelayanan dan keuangannya berdasarkan konsep syariah baru mulai dicanangkan. 

Berdasarkan berita Republika Online, rumah sakit yang akan menjadi pilot project rumah sakit syariah adalah Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. 

Direktur Utama RSI Sultan Agung, dr H Masyhudi AM MKes mengatakan, upaya untuk merumuskan formulasi layanan kesehatan syaiah merupakan amanah Rakernas Majelis Syuro Upaya Kesehatan Islami (MUKISI) Bandung, awal tahun ini. Sebagai tindak lanjut, baru- bau ini RSI Sultan Agung telah mendapatkan kunjungan 30 direktur RSI dari berbagai daerah di Indonesia, yang tergabung dalam MUKISI.
Kunjungan tim MUKISI tersebut merupakan salah satu upaya untuk memformulasikan prinsip- prinsip syariah dalam layanan kesehatan Islam yang telah digagas.

“Dalam hal ini RSI Sultan Agung mendapatkan amanah sebagai pilot project standar instrumen sertifikasi Rumah Sakit Syariah di Indonesia,” ungkapnya, di Semarang, Jumat (7/8).

Menurut Masyhudi, hal ini merupakan buah ikhtiar segenap jajaran RSI Sultan Agung dalam berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan yang Islami. Amanah sebagai sebagai rumah sakit proyek percontohan ini, tidak lepas dari capaian RSI Sultan Agung sebagai rumah sakit yang telah meraih akreditasi tingkat paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Jadi RS Syariah harus bermutu tinggi, memprioritaskan keselamatan pasien dan ini bisa dilakukan jika telah memenuhi standar badan akreditasi rumah sakit nasional tersebut,” kata dia.

Kita berharap konsep ekonomi syariah kedepan dapat merambah seluruh aspek kehidupan kita, sehingga ekonomi syariah benar-benar menjadi way of life. 

1 comment:

  1. perbedaan yang lebih mendasar rumah sakit biasa dan rumah sakit syariah bagaimana ya?

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon