Ini 9 Keutamaan Puasa Ramadhan Yang Perlu Diketahui



Alhamdulillah tidak terasa kita dapat bersua kembali lagi dengan bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh dengan keberkahan, penghulunya bulan diantara bulan-bulan yang lainnya, dan bulan yang didalamnya Allah istimewakan ibadah hamba-Nya dengan lipatan pahala yang tidak terhingga.

Kesempatan ini mestinya tidak boleh kita sia-sia kan. Harus kita maksimalkanuntuk meraih keutamaan - keutamaan bulan suci Ramadhan, terutama keutamaan Puasa Ramadhan. Jangan sampai puasa yang kita lakukan tidak bernilai apa - apa di mata Allah SWT, kecuali hanya mendapatkan rasa lapar dan dahaga. 

Berikut ini adalah keutamaan - keutamaan puasa Ramadhan yang harus diketahui, agar kita bersemangat untuk meraihnya. 

1. Puasa adalah ibadah khusus untuk Allah SWT

Puasa adalah ibadah yang sangat spesial dimata Allah SWT dibanding ibadah - ibadah lainya. Ibadah puasa untuk Allah dan Allah langsung yang akan memberikan ganjaran. Hadist Qudsi yang diriwayatkan Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda :

كُلُّ عَمَلٍ ابْْنُ آدَمََ لَهُ إِلَّا الصَوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Artinya : "Allah SWT berfirman : semua amalan manusia adalah untuk dirinya, kecuali puasa. Sesungguhnya, puasa itu untuk-Ku, dan Aku yang akan memberikan ganjaran". (HR Ahmad, Muslim, dan Nasa'i)

2. Puasa adalah Perisai 

Puasa adalah perisai atau tameng begi seorang muslim dari perbuatan - perbuatan yang keji. Rasulullah SAW bersabda :

الصِّيَامُ جُنَّةٌ. فَإِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمََا، فَلَا يَرْفُثْ، وَلَا يَجْهَلْ. فَإِنْ امْرُؤُ قَاتَلَهُ، أَوْ شَاتَمَهُ، فَلْيَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ، إِنِّي صَائِمٌ 

Artinya: “Puasa itu adalah perisai, maka apabila seorang dari kalian sedang melaksanakan puasa, janganlah dia berkata rafats (kotor) dan jangan pula bertingkah laku jahil (sepert mengejek, atau bertengkar sambil berteriak). Jika ada orang lain yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka hendaklah dia mengatakan “Aku orang yang sedang puasa, Aku orang yang sedang puasa”. (HR. Bukhori dan Abu Dawud).


3. Puasa Memberi Syafaat

Keutamaan puasa yang ketiga adalah bahwa puasa dapat memberikan syafaat di hari kiamat kelak. Abdullah bin Amr ra, meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda :

ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﻳَﺸْﻔَﻌَﺎﻥِ ﻟِﻠْﻌَﺒْﺪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ، ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ : ﺃَﻱْ ﺭَﺏِّ، ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ﺑِﺎﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ : ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻴُﺸَﻔَّﻌَﺎﻥِ

Artinya : "Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat kepada seseorang pada hari kiamat. Puasa berkata, "Ya Allah, Aku menghalanginya makan dan melampiaskan syahwatnya di siang hari. Karena itu, berilah dia syafaat. Al Quran juga berkata "Aku menghalanginya tidur di malam hari, maka berilah dia syafaat. lalu syafaat keduanya diterima oleh Allah" (HR Ahmad dengan sanad shahih)

4. Puasa Amalan Ahli Surga yang tidak ada bandingnya

Puasa adalah amalan ahli surga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Abu Umamah berkata : "Aku data kepada Rasulullah SAW dan berkata, "Perintahkanlah aku melakukan suatu amal yang dapat memasukanku ke surga. Maka Nabi SAW bersabda, 

عَلَيكَ بِِالصّومِ فَاِنَّهُ لَاعِدْلَ لَهُ ثُمَّ أَ تَيتُهُ الثَّا نِيََةُ. فََقََالَ : عَلَيْكَ بِِالصِِّّيََا مِِ

Artinya : "Hendaklah kamu berpuasa, karena puasa itu tiada bandinganya". Kemudian aku mendatangi Nabi kedua kalinya, dan beliau tetap bersabda, "Hendaklah kamu berpuasa". (HR. Ahmad, Nasa'i, dan Hakim).

5. Satu hari puasa menghindarkan dari neraka sejauh 70 tahun. 

Keutamaan lainnya dari puasa adalah akan menghindarkan orang yang berpuasa dari api neraka. Abu sa'id al Khudri meriwayatkan bahawa Nabi saw bersabda :

مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَومًا فِي سَبِيلِ اللهِ، إِلَّا بَاعَدَ اللهُ بِذَلِكَ اليَوْمِ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِيْنَ خَرِيفًا


Artinya : "Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari di medan perang, kecuali Allah akan menghindarkan dirinya dari neraka sejauh perjalanan 70 tahun" (HR. Jamaah kecuali Abu Dawud)


6. Pintu khusus untuk orang yang berpuasa bernama Ar Rayyan


Bahagianya bagi orang yang berpuasa, karena akan memasuki surga melalui pintu khusus yang hanya dilewati oleh mereka yang ahli puasa, pintu itu dinamakan dengan Ar Rayyan. Sahl bin Sa'd meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : 

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

Artinya : "Sesungguhnya, surga itu memiliki sebuah pintu yang dinamai Ar Rayyan (pemuas dahaga). Pada hari kiamat kelak, dipanggillah, "Dimanakah orang-orang yang berpuasa ? 'Masuklah melalui pintu Ar Rayyan. Jika ornag terakhir dari mereka telah masuk, maka pintu itu pin ditutup." (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Puasa menghapus dosa

Keutamaan puasa yang terbesar lainnya adalah puasa akan menghapuskan dosa - dosa yang pernah dilakukan. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, dosa-dosanya yang terdahulu pasti diampuni." (HR. Bukhari Muslim)


8. Bertemu Allah

Nikmat terbesar yang nanti akan diperoleh orang yang ahli puasa di akhirat adalah melihat wajah Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda :

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Artinya : "untuk orang yang berpuasa ada dua kegembiraan; kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya". (HR. Muslim)

9. Puasa Menyehatkan

Beberapa riset ilmiah menunjukan puasa dapat menyehatkan tubuh, diantaranya hasil penelitian Dr. Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan puasa membuat tidur lebih berkualitas atau Deep sleep, sehingga berpengaruh pada perbaikan tubuh dan otak. Selain itu puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon