Mata Minus Segede Gaban: Pengalaman LASIK Mata

GUSTANI.ID - Desember 2022, sepulang dari dinas selama satu bulan di Aceh, saya cek mata minus di optik, sekaligus mau ganti kacamata. Sesuai prediksi, minus mata saya diangka 11 alias minus sebelas....wow πŸ€“. Walau minus 11 saya masih pakai lensa dengan minus 9 dengan pertimbangan lensa minus di atas 9, harganya sampai 3 kali lipat lebih mahal... hehe.

Ya dari kelas 6 SD saya sudah mulai pakai kaca mata minus sampai usia kini (32), entah apa sebabnya, kata orang sih karena banyak baca buku, saya hanya mengaminkan 😁. 

Agak syok juga dengan mata minus segede gaban gitu, semua aktivitas saya harus pakai kacamata, termasuk futsal dan renang. Bangun tidur yang dicari kacamata, bukan istri 😁 Jarak pandang tanpa kacamata hanya beberapa centimeter. 

Sempat dengar teknologi kedokteran yg memungkinkan untuk menghilangkan mata minus lewat operasi LASIK. Apa itu ? LASIK (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) adalah bedah korektif di mana lapisan tipis kornea dibuka untuk memungkinkan sinar laser bisa mengubah bentuk kornea untuk menghilangkan kelainan refraksi myopia (rabun jauh/mata minus) dan astigmatism (mata silinder).

Saya pun coba searching di om gugel. Ternyata sudah banyak klinik mata yang menyelenggarakan LASIK, walau hanya di kota - kota besar pastinya. Saya sempat nyari di wilayah Cirebon dan sekitarnya, ternyata belum ada. Yang terdekat dari Cirebon, klinik LASIK ada di Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Teknologi LASIK pun sangat cepat perkembangannya dengan proses operasi LASIK yang sangat cepat dan tidak sakit. Merujuk ke website Ciputra SMG Eye Clinic, Metode LASIK berkembang dari era 1960-an hingga sekarang terdapat tiga generasi dari metode LASIK yang beredar di dunia, yaitu :

  1. Photorefractive Keratektomy (PRK) adalah jenis operasi mata untuk mengkoreksi mata minus dan silinder yang pertama kali dengan membuat bukaan pisau pada permukaan kornea.
  2. FemtoLASIK adalah jenis operasi mata yang menggunakan Laser femtosecond untuk membuat bukaan pada permukaan kornea & Laser excimer untuk mengkoreksi kelainan refraksi. Hal ini yang membuat prosedur FemtoLASIK lebih akurat dan aman dibandingkan metode LASIK yang terdahulu.
  3. Teknologi LASIK mata masa kini, yaitu ReLEx® SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) adalah metode LASIK mata terkini yang dapat mengoreksi kelainan refraksi tanpa perlu pembuatan flap pada kornea seperti yang dilakukan pada umumnya.

Saya coba konsultasi dengan beberapa klinik dan coba riview dari ulasan mereka yang sudah LASIK, secara umum saya berkesimpulan tindakan LASIK risikonya minim dan proses penyembuhannya cepat, terlebih ditunjang dengan teknologi yang terbaru.

Setelah berunding dengn direktur keuangan (istri) 😊 , akhirnya awal Mei 2023 setelah lebaran kemaren memutuskan untuk ambil tindakan LASIK, kami pilih klinik di Jakarta, tepatnya Ciputera SMG Eye Clinik. Dengan pertimbangan, Jarak dan Akses pastinya, Cirebon Jakarta aksesnya mudah dan kebetulan saya sudah terbiasa bolak balik Jakarta Cirebon. Selain itu, lokasi kliniknya persis di pusat perbelanjaan, Lotte Shopping Avenue Kuningan, jadi bisa sekalian jalan - jalan dan mudah akses kemana -mana paska operasi. 

Buat janji dengan pihak klinik tanggal 3 Mei jam 14.00. Jam 11an saya dan istri sudah sampai lokasi dan langsung dilayani untuk proses screening awal, cek kelembaban mata, cek ketebalan kornea, cek pupil, cek saraf, dll.... seingat saya 6 sampai 7 proses screening. Jam 12an selesai screening, dan secara umum kata susternya layak untuk LASIK, tapi keputusan akhir nanti akan disampaikan oleh dokter yang berwenang. Dokter yang menangani saya dr. Bambang. Diminta untuk nunggu jam 14.00.

Sambil nunggu, saya dan istri makan siang di food court mall, dan sekalian nyari hotel terdekat dengan harga bersahabat pastinya 😁

Jam 14.00 kami langsung ke klinik, menunggu sebentar langsung ketemu dokter dan disampaikan layak LASIK, langsung kami setujui untuk dilakukan tindakan operasi LASIK hari itu juga. Sekitar jam 16-an masuk ruangan operasi. Saya pilih metode LASIK yang terkini yaitu ReLEx® SMILE dengan pertimbangan risiko pastinya dan saran dari dokter, walau hanya bisa mereduksi mata minus saya sampai minus 10 dan masih menyisakan minus 1.

Paska Lasik pakai kacamata khusus sampai Pagi

Prosesnya cukup singkat, tindakan lasik per mata tidak lebih dari 5 menit, 24 detik untuk proses laser.  Alhamdulillah mata minus saya terkoreksi 10 dan menyisakan 1. Goodbye lensa tebaaal lalu, mudah2an kedepan lebih baik dengan penglihatan yg membaik. Membaik amal, karir, keuangan, dll.

"It's time to unframe your sight"

Alhamdulillah, paska LASIK sudah nyaman ga pakai kacamata, walau masih ada minus 1, tapi it's oke

Oya banyak nih teman2 yang langsung kontak saya begitu tau saya habis lasik, terutama soal biaya. Saya mengaggarkan untuk lasik ini kurang lebih 40 jutaan, untuk lasik dan akomodasi selama 3 hari di Jakarta. Untuk info lebih lanjut bisa berselancar di web nya Ciputera SMG Eye Clinik ya,,,, eh jangan lupa kalo jadi ambil LASIK nya di Ciputera SMG Eye Clinik sampaikan dapat rekomendasi dari saya ya; GUSTANI, lumayan dapet fee katanya 😁 

Setelah LASIK saya semakin yakin dengan pepatah "SEHAT ITU MAHAL

😁😁😁


Salam sehat, salam kenal

Semoga bermanfaat !

πŸ™

Sekalian refreshing dengan si Cinta πŸ’“Mall nya asik banget buat foto2,, hehe

Nginepnya di hotel sebelah Mall, Hotel yang di Mall nya ga ada yang cocok, ga cocok di kantong,,haha


Terimakasih telah berkunjung ke blog Gustani.ID, Semoga bermanfaat !
EmoticonEmoticon